Popular Post

Load Map
Marker Google Maps
Posted by : Gilang Apriyana Rabu, 05 Oktober 2016

Judul            : Sejarah, pengertian, prinsip dan unsur dari Desain Pemodelan Grafik.
Nama           : Gilang Apriyana
Kelas           : 3IA22
Mata kuliah : Desain Pemodelan Grafik.
Nama Dosen: Syefani Rahma Deski
TUGAS 1 Softskill



Source: Google.com/image
Sejarah perkembangan Desain pemodelan grafik

          Desain grafik sudah ada sejak dulu, mungkin penyebutannya bukan seperti itu tapi lebih ke "perancangan" atau "seni". Tetapi, initinya sama yaitu mengemukakan tentang bagaimana suatu objek menjadi indah dengan rancangan dan bernilai estestika tinggi, juga dapat dinikmati oleh mata. Pada dasarnya desain mengandung unsur Lambang, garis, titik, warna, dan masih banyak lainnya akan dibahas dibawah ini.
          Berjalan seiring waktu berlalu, perkembangan di dunia desain menjadi hal yang sangat popular. Ketika saat mesin cetak ditemukan oleh Johaannes Gutenberg (1398-1468). Mesin cetak ini bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai desain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Penemuan ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, dan menjadi bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali eropa.
           Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”, “Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”.

Desain
  • Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.  
Model
  • Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.
Desain Grafik
  •  Desain grafik adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
Pemodelan
  • Pemodelan yaitu tahap dibentuknya suatu obyek berupa pola dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
Lalu, apa itu Desain Pemodelan Grafik?
"Desain pemodelan grafik merupakan rancangan, seni, atau arsitektur yang dibentuk menjadi Objek dari suatu pola yang menggunakan Visualisasi ( tulisan, ruang, dan gambar) "

Prinsip dasar Desain Pemodelan Grafik

Desain grafik mempunyai prinsip yaitu penyampain pesan pada desain harus Asli (Original), innovatif, sekaligus memiliki estetiska (Keindahan). Dengan prinsip dasar tersebut barulah bisa disebut Desain Grafik. Ada pula unsur-unsur Grafik yang mendasar yaitu;
  • Garis (Line), merupakan unsur desain yang menghubungkan antara satu titik dengan titik       poin yang lain sehingga berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
  • Betuk (Desain), Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk yang banyak dikenal oleh orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
  • Tekstur ; Tekstur merupakan tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Pada praktiknya, tekstur biasa dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
  • Ruang (space) ; Ruang merupakan jarak suatu bentuk dengan bentuk lainnya, biasa dijadikan unsure untuk member efek estetika dan dinabika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsure, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
  • Ukuran (Size) ; Ukuran merupakan unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsure ini anda dapat menciptakan kontras penekanan pada obyek desain.
  • Warna (Color) ; warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Warna dapat menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas. Warna dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: warna yang ditimbulkan karena sinar (additive color/ RGB) dan tinta/cat (substractive color/CMYK). Warna yang ditimbulkan karena sinar (additive color/ RGB) yang biasanya digunakan pada pewarnaan lampu, monitor, TV dan sebagainya. Warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (substractive color/CMYK) yang biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain atau plastik. 
Tulisan 1 [Softskill]
 
Berbagi ilmu dulu yuk, bicara tentang desain grafik ya.. saya sendiri sih pernah mencoba menggunakan Autocad. Apa itu Autocad? Autocad merupakan program yang digunakan untuk membuat Gambar 2D bahkan 3D dengan menggunakan komputer/laptop. Versi mobile nya juga ada loh! cuma lebih enak menggunakan komputer tentunya lah ya. hehe
 
Catatan wikipedia : "AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.
AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.
Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD."

Gambar google



  Untuk Work-page pada Autocad, tampilannya seperti ini
Gambar google
 Pada gambar merupakan Autocad 2009, untuk versi sekarang sudah rilis Autocad 2016. Dari perkembangannya sih, macam-macam tools yang ada sama saja. Hanya saja interface nya lebih bagus. Dengan menggunakan Autocad anda bisa membuat desain layaknya Arsitektur handal, perlu diperhatikan.. untuk belajar Autocad, hal pertama yang harus anda pelajari adalah Bagaimana Cara Mengatur Ukuran kertas yang digunakan, itu sebagai patokan agar gambar yang anda buat sesuai berdasarkan Skala yang anda mau. Jadi, gambar yang anda buat akan sesuai dengan ukuran aslinya. Misalnya untuk membangun Rumah, menggambar jalan / peta, dll.
Gambar google
 Kelebihan menggunakan Autocad:
  1. Gambar yang kalian buat akan lebih Rapih, ketimbang menggambar Manual pada secakir kertas.
  2. Gambar memiliki Skala
  3. Gambar yang anda buat dapat direvisi kembali tanpa harus khawatir membuat gambar dariawal. 
Kekurangan Menggunakan Autocad:
  1. Aplikasi lebih kompleks
  2. Hardware harus mumpuni, minimal RAM 2Gb dan graphic/gpu ya minimal Geforce 720M atau setara.
  3. Aplikasi ini Pra-bayar, anda tetap bisa menggunakannya tanpa harus membayar diawal.
  4. Membutuhkan printer untuk mencetak gambar, sudah tentu.
Indahnya berbagi. Sekian. Semoga bermanfaat untuk pembacanya ya..
 
Sumber:

http://hotaro-kun.blogspot.co.id/2016/09/desain-pemodelan-grafik.html
http://irvan-bloger-sejati.blogspot.co.id/2015/10/desain-pemodelan-grafik.html
http://indrango.blogspot.co.id/2016/09/dasar-permodelan-grafik.html
http://rezadicky.blogspot.co.id/2014/11/kelebihan-kekurangan-autocad.html

 
 
 
 
 

- Copyright © Gilang Apriyana - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -